Skip to main content

Seputar Terapi Tumbuh Kembang

Hi, How's life.. ^_^ Di postingan ini aku pengen breakdown detail soal anakku yang pernah terapi tumbuh kembang berdasarkan Pertanyaan yang sering ditanyakan jadi bisa langsung buka link ini kalo ingin cari informasi lebih mengenai terapi. 


#1 Kapan pertama kali bawa idhan untuk Pemeriksaan Tumbuh Kembang? Saat usia 22 bulan, saat itu seharusnya idhan sudah bisa merespons saat namanya dipanggil dan kosakata seharusnya sudah lebih dari sepuluh, tapi saat itu idhan tidak ada respons saat namanya dipanggil dan kosakata yang diucapkan hanya sakitar 2-3 kata. Artinya, di perekembangan komunikasi ini sudah red flag. Selain itu, kontak matanya juga masih sangat minim. 


#2 Bagaimana hasil pemeriksaannya? Setelah mengisi banyak form, melewati proses buat ketemu dokter anak (karena kliniknya ada di salah satu rumah sakit), dokter juga melakukan tes mchat dimana poinnya banyak mengarah ke autisme tapi dokter bilang kalau dilihat langsung anak ini perilakunya masih jauh dari autisme, mungkin bisa diobservasi lagi setahun ke depan, sambil terapi. Dokter melihatnya kemungkinan karena usianya masih kurang dari 2 tahun bisa jadi Stimulasi Sensori & Motoriknya idhan belum optimal. Saya berusaha menanyakan apakah karena gadget? Karena dokter saat itu tidak banyak menyebutkan penggunaan gadget. Ternyata ada faktor juga soal screentime walaupun untuk idhan banyak faktornya. Jadi, idhan yang Perkembangan Bahasanya harus dibenahi dan fokusnya juga diperbaiki, akan dilakukan terapi. Selain itu, dokter menyampaikan bahwa peran ayah sangat penting karena perkembangan anak bisa lebih optimal bukan hanya ibu yang banyak berperan. Untuk terapi di klinik tersebut butuh ketemu dokter rehabilitasi medik terlebih dahulu setelah dari dokter anak, kami langsung diberi tugas untuk di rumah, idhan harus sudah bisa menunjuk anggota tubuh setelah pertemuan berikutnya dan mengetahui cara menggunakan sikat gigi. Saya langsung tersadar saat itu, banyak sekali yang harusnya dichecklist untuk perkembangan anak ini setiap tahapnya. Singkat cerita idhan terapi disana mulai dari Sensori Integrasi lebih dulu. 


#3 Apakah terapinya berjalan efektif? Saya pikir idhan akan nangis di awal saja karena ga terbiasa aja ternyata berlanjut sampai 2 bulan berikutnya di setiap sesi dengan jadwal 1-2 kali seminggu. Setiap akhir sesi, terapis akan mengevaluasi dan memberitahukan permasalahan ketika sesi terapinya. Faidhan takut ketemu orang banyak bahkan yang seusianya, takut naik perosotan, mandi bola, main ayunan padahal anak seusia idhan biasanya suka permainan seperti di playground. Ternyata, ini merupakan gangguan sensori terutama vestibular (keseimbangan) dan propriosepsinya (kesadaran gerak sendi). 



#4 Apakah ada opsi kedua untuk pemeriksaan Faidhan? Karena di klinik yang pertama idhan terus-terusan nangis, jadi untuk cari tahu kami mencoba menghubungi dokter lain, waktu itu kebetulan dokter yang kami hubungi bukan dokter yang praktek di klinik terapi hanya dapat rekomendasi dari salah satu klinik yang kami tanyai. Walaupun kaget dengan diagnosa yang beliau bilang sepertinya Autisme ringan. Walaupun beberapa bulan setelah terapi selanjutnya gejala yang dimaksud dokter benar-benar hilang. 


#5 Bagaimana supaya terapinya berjalan efektif? Pemilihan Tempat Terapi sebenernya yang paling penting buat saya adalah yang mana kondisinya bikin anak nyaman, jadi bukan berarti tempatnya pilih yang bagus atau yang jelek. Mungkin ada metodenya yang agak beda dan paling efektif untuk kakak idhan, kami pergi ke tiga klinik sampai akhirnya ketemu yang paling bikin idhan nyaman dan ga nangis sama sekali. Ada kemungkinan di klinik pertama karena letaknya di Rumah Sakit jadi terlalu banyak orang sedangkan waktu itu Pandemi, idhan ga terbiasa bertemu dengan banyak orang. Sedangkan di klinik yang terpisah dari Rumah Sakit orang-orangnya tidak terlalu ramai dan idhan bisa lebih fokus mengikuti kegiatan terapi. 



#6 Berapa biaya terapi? Apakah bisa pakai BPJS? Waktu pertama kali menemui dokter anak yang ada di Klinik Tumbuh Kembang Rumah Sakit, kami pakai BPJS. Jadi jawabannya, bisa ya..tapi tergantung Rumah Sakitnya ada klinik atau gak, tergantung mereka bekerjasama dengan Rumah Sakit atau gak. Caranya datang dulu ke Faskes 1 lalu nantinya akan dirujuk. Untuk terapi selanjutnya idhan pakai biaya pribadi waktu itu kami dapat harga persesi Rp 90.000 - Rp 150.000 di klinik yang berbeda. Jadi tetap tergantung pada kebijakan Klinik terapinya. 



#7 Apa ada gejala lain selain perkembangan bahasa pada faidhan? Mudah jatuh karena tidak seimbang, Susah merasakan sakit misal luka atau memar, Sering mengangkat barang terlalu berat untuk usianya, sering berputar tapi tidak pusing, hiperaktif, lari-lari lompat-lompat seharian tanpancapek, kesulitan tidur, sensitif dengan tekstur lembek. Yang semua ini ada tanda sensorinya terganggu dan harus stimulasi agar terintegrasi. 




#8 Berapa lama terapi saat itu? Total dari sebelum terapi tetap di satu klinik sekitar 1,5 tahun karena banyak aspek yang harus dioptimalkan walaupun perkembangan bahasa sudah sangat cepat saat itu sekitar 4-5 bulan. 



#9 Apa yang harus dilakukan supaya terapi efektif? Sering diskusi dengan terapis, stimulasi mandiri di rumah dan tempat lain selain jadwal di klinik terapi, bangun kelekatan dengan anak. Kalo ada yang pengen didiskusikan lagi boleh ketuk DM ibu idhan ke IG/tiktok/twitter @adisnov yaaa.. semangaaat ^_^

Comments

Popular posts from this blog

Pakai body care ini untuk menghilangkan jerawat punggung sekaligus sebagai anti inflamasi

Banyak cara untuk menyenangkan diri sendiri bahkan setelah menjadi seorang Ibu. Salah satunya ya memperhatikan perawatan diri sendiri. Rajin olahraga, makan teratur dengan gizi seimbang juga cukup dalam beristirahat. Selain itu, Ibu juga bisa memberikan perhatian lebih untuk kesehatan kulit dan perubahan yang terjadi pada tubuh. Rutin merawat tubuh dengan bodycare yang tepat bisa bikin glowing dan mood bagus, karena kalau bukan kita mau siapa lagi? Kalau mood bagus, mau ngerjain yang lain juga jadi happy. Ada rekomendasi nih, untuk yang tetep mau merawat kulit, ga menyita banyak waktu tapi tetep efektif dalam merawat tubuh. Rangkaian Body Care dari Mibelle terdiri dari Mibelle Body Wash, Mibelle Body Lotion, Mibelle Bodyscrub, Mibelle Shea Butter, dengan 6 varian bodycare dari Mibelle sesuai kebutuhan kulit kamu. Aku pilih varian Shimmering Pixie untuk Anti Inflamasi dan Mengatasi Jerawat di Punggung, selain itu juga bisa mencerahkan kulit dan memperkuat skin barrier. Body Care set var

Ngabuburit, hmm ngapain aja yaa

Assalamu'alaikum..  Gimana puasanyaaa?  Ngomong-ngomong soal puasa, biasanya ga lepas dari ngabuburit dong, nunggu waktu berbuka puasa sore-sore.  Biasanya orang-orang menghabiskan waktu menunggu berbuka puasa dengan tadarus, mendengarkan ceramah, memasak hidangan buka puasa, jalan-jalan, membaca buku, atau tidur? Hihi Kalo saya biasanya jalan-jalan sama keluarga kecil, sambil beli takjil misalnya 😁 Sejak sebelum nikah sampai sekarang punya anak, belum berubah ternyata hihi. Apalagi tahun ini sudah bersama 2 jagoan kecil, makin seru nunggu waktu berbuka puasanya.  Sekarang saya bisa nambah kegiatan ngabuburit deh. Sejujurnya saya ga konsisten nulis blognya tapi karena ada challenge ramadhan dari blogger perempuan, jadi semangat lagi untuk konsisten ngeblog walaupun bener-bener baru belajar 😊 Karena yang terpenting adalah memetik manfaat dari yang kita lakukan.